Loading...
Selasa, 28 November 2017

Sebenarnya Rahasia ini Bukan untuk Anda


Sejak lama saya perhatikan gerak gerik pedagang dalam memasarkan dagaannya, memang ada yang unik dan ada yang blak-blakan. Tadinya saya tidak ingin membagikan rahasia ini, tapi kasihan juga kalau selama ini ibu-ibu tidak dikasih informasi tepat.

Bolehlah rahasia ini hanya untuk Anda saja, jangan diberikan kepada orang yang belum kenal ya. Nanti disalah artikan atau disalahgunakan, sehingga timbul hal tidak diinginkan. Karena ini benar-benar bagi ibu pemula.

Kenapa dibilang unik? Karena banyak pedagang yang sepertinya petugas intel, menyamar dulu sebelum menggelar dagangannya. Ia menunggu waktu aman, ketika petugas berpaling darinya. Ia jongkok di pinggir trotoar memperhatikan situasi, sedangkan barangnya masih disembunyikan. Belum digelar kepada para calon pembeli.

Yang lainnya suka blak-blakan. Kenapa blak-blakan? Karena pedagang type ini tidak sembunyi-sembunyi menggelar dagangannya. Ia langsung gelar tikar di atas trotoar. Tanpa takut diciduk petugas Satpol PP. Padahal diseberangnya kelihatan hilir mudik petugas, sepertinya ia luput dari pengawasan. Pedagang type ini biasanya membuat iri saingannya. Karena mereka mengira kepada type ini adalah asuhan petugas, sehingga ia bebas dan luput dari mata petugas.

Baiklah kita masuk ke inti pembahasan. Bagi calon pembeli atau customer yang suka belanja di mall-mall dan toserba itu sudah tidak aneh.

Tapi ada keunikan tersendiri ketika hunting barang di Taman Kota atau di atas trotoar. Bayangkan, barang-barang yang ditawarkan mereka kualitas import. Bagus-bagus dan banyak pilihan.

Sendainya ketika kita tiba di taman kota untuk jogging pagi, di situ sudah banyak yang datang. Mereka adalah benar-benar yang ingin jogging, tapi berbaur juga dikerumunan para calon pedagang, yang tengah menunggu situasi aman. Perhatikan, kalau ada seseorang yang membawa kantong kecil diselendangkan, mungkin itu seorang calon pedagang.

Jangan sungkan-sungkan pura-pura bertanya kepadanya, di mana ya pedagang pakaian anak-anak yang biasa mangkal di sini? Kalau ia menjawab tidak tahu, artinya ia bukan calon pedagang. Tapi, kalau ia menjawab, ibu perlu apa? lalu ia kemudian berusaha meyakinkan dirinya adalah pedagang dan kemudian tidak berapa lama akan memperlihatkan keperluan yang sedang dicari ibu-ibu, ia adalah pedagang asli.

Percayalah, ia bukan type pedagang kaki lima asli. Mungkin ia seorang mahasiswa, atau pegawai bank yang turut memeriahkan suasana dengan berjualan pakaian anak-anak, seperti yang tetangga saya lakukan. Ia adalah pegawai bank, tapi di waktu libur atau weekend ikut berjualan di taman kota.

Ia bersama kakaknya membawa mobil yang penuh dengan aneka pakaian dan busana, ikut gelar tikar di arena car free day.

Kemudian kalau seandainya melihat seorang ibu sambil membawa anaknya seperti hendak jogging lewat di sana, tapi tidak berapa lama ia mondar-mandir di tempat itu-itu saja dipastikan ibu itu pedagang yang bakal gelar tikar juga.

Ada lagi seorang bapak yang duduk-duduk di belakang mobil mewah yang dibuka bagasinya, ia juga seorang ahli sablon kaos.

Juga, ada beberapa SPG yang berkerumun di dekat minibus, mereka adalah pegawai toko pakaian yang ditugaskan majikan ikut berjualan di taman kota.

Kemudian kalau sudah pada waktunya berjualan, mereka serempak gelar tikar masing-masing memasarkan barangnya. Kebayang ya.

Jadi intinya, percayalah kualitas pakaian atau busana bordir yang mereka tawarkan adalah kualitas bagus, trendy, dan harga murah.

Bukan berarti barang dari pedagang kaki lima kurang bagus, melainkan harga tetap bersaing.

Mereka berbaur dengan ratusan pedagang kaki lima asli, yang berjualan di atas trotoar, ketika car free day berlangsung. Belum lagi suasana dimeriahkan dengan kedatangan para pengusaha dan reseller besar, yang ambil bagian berjualan di taman kota Tasikmalaya.

Tapi, area car free day di Kota Tasikmalaya saat ini lokasinya dipindahkan ke daerah Cilembang (seperti gambar di atas). Para pedagang kaki lima memenuhi jalan sepanjang sejak pasar loak hingga bekas terimal Cilembang.

Nah, untuk pakaian atau busana berkualitas import, para pedagangnya dipusatkan di bekas terminal Cilembang. Jadi, tunggu apalagi, sempatkan waktu libur Anda di area car free day baru ini.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang hendak hunting pakaian atau busana anak-anak berkualitas tinggi dengan harga murah. Apalagi menjelang tahun baru, dipastikan banyak mode pakaian yang trendy. ***

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP