Loading...
Kamis, 07 Desember 2017

Petunjuk Merawat Pakaian Batik dengan Daun dan Debu Emas


Ternyata istri di rumah menyimpan koleksi batik asli dalam lemari. Tapi, selama ini belum tahu cara merawatnya. Setelah cari sana cari sini ketemulah tulisan mengenai cara merawat pakaian batik. Jadi, selama ini selain mengoleksi pakaian bordir, ternyata mengoleksi juga batik.

Batik merupakan salah satu bentuk seni budaya Nusantara khususnya pulau Jawa. Ketenaran baju batik dianggap tidak cuma di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Sebab telah melalui sejarah yang panjang, adalah wajar jika batik dianggap sebagai salah satu dari beberapa kain kuno tertua tidak cuma di Nusantara namun juga di dunia. Apa yang membuat batik terkenal sebagai bentuk seni khas Jawa ialah karena adanya desain batik dasar yang ditemukan di dinding-ukiran pada patung candi Prambanan.

Terbuat dari bahan alami dan juga alat tradisional, batik begitu antik untuk dimiliki. Karena mengandung nilai antik, baju batik membutuhkan perawatan spesial untuk menjaga kualitas kain dan desainnya. Memperoleh pengetahuan tentang proses fabrikasi kain yang cukup akan memudahkan Anda untuk menentukan perawatan yang cocok. Dengan melakukan perawatan yang tepat, Anda dapat menjadikan baju batik Anda terlihat berkualitas dan lebih awet.
Untuk meningkatkan nilai batik, sebagian masyarakat seringkali melakukan perawatan khusus dengan menambahkan daun emas atau debu emas. Penggunaan daun emas maupun debu emas bisa membuat baju batik Anda terlihat glamor dan elegan. Jadi, kain batik dapat mempunyai nilai yang lebih tinggi karenanya . Jenis kain batik dihias emas ini sering disebut sebagai Batik Prada. Dan Batik Prada dengan penambahan daun emas digunakan di Jogjakarta dan daerah Surakarta. Batik Prada dengan penambahan debu emas digunakan di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Daun mas serta debu mas diterapkan pada kain dengan lem buatan tangan. Lem dibuat dari campuran putih telur serta minyak biji rami. Meskipun bahan yang begitu sederhana, tapi kualitas lem begitu baik karena tidak akan dihapus setelah dicuci. Batik kuno sering menggunakan emas di atasnya tapi sekarang batik modern menggunakan daun emas dan debu emas.
Ada perlakuan spesial untuk menjaga kualitas Batik. Perlakuan spesial di bidang proses pembersihan seperti mencuci. Karena demi perawatan terbaik untuk batik, pemakaian deterjen harus sangat diperhatikan. Hal ini karena pemilihan detergen yang salah akan membuat kain batik dan desain menjadi cepat rusak.

Dan bahkan warnanya bisa berubah jadi pudar dari yang semestinya. Untuk membersihkan batik terutama Prada, orang harus menggunakan deterjen dengan bahan kimia rendah. Ini berarti bahwa batik memerlukan sabun khusus yang sesuai untuk semua kain sensitif seperti katun, linen halus, dan lain-lain. Batik juga dapat dicuci dengan bahan tradisional bernama lerak yang dapat dibeli di pasar tradisional. Setelah habis proses pencucian, itu adalah pastikan untuk menjemur baju batik atau pakaian batik Anda di tempat yang teduh dan jangan terkena cahaya matahari secara langsung. Jadi, warna dan desain bisa terpelihara dengan baik.***

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP