Loading...
Kamis, 09 November 2017

Busana Bordir, Kawalu, Tasikmalaya, Jawa Barat

Sulaman bordir sudah tidak asing lagi sebagai satu buah tangan seni bercorak hiasan yang mengemas di atas perangkaan busana atau bahan-bahan lainnya. Pakaian tersebut menjadi terlihat lebih indah dan juga penuh aneka corak. hasil produksi bordiran seperti mukena atau pula kerudung terdapat di berbagai daerah yang berada di Indonesia, dan salah satunya ialah di daerah Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kota Tasikmalaya bukan hanya dikenal sebagai kota santri saja, melainkan juga dikenal berbagai produksinya yang bisa bergandengan dalam pemasaran, misalnya hasil karya pembikinan sandal atau tarumpah, kelom geulis tasik, batik tulis Tasikmalaya, dan lain-lain. Namun secara umum Kota Tasikmalaya dikenal pula pada produsen bordir.

Bayangkan, banyak blog yang menulis tentang busana bordir, kawalu, tasikmalaya, jawa barat. Seperti ulasan sebuah blog yang menyatakan trend pada tahun 2017 digemparkan oleh banyaknya pelanggan yang memesan mukena bordir, dengan bahan katun paris. Materi itu terkenal dengan kelembutannya ringan dan mudah dilipat, sehingga cocok untuk pemakai mukena, yang akan melakukan perjalanan jauh yang melengkapi bawaannya dengan perlengkapan mukena bordir khas Tasikmalaya.

Blog ginaismagianti [dot] com misalnya menulis, hasil buah tangan dari sulaman bordir yang bertempat di kompleks industri Saguling Babakan, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, boleh disebut bisa mendominasi segenap pemasaran untuk wilayah di Indonesia. Juga, hasil produksinya pun ini telah menerobos pemasaran mancanegara misalnya Eropa, Timur Tengah, dan hingga ke Afrika.

Melihat perkembangan jaman now hal itu memang cukup wajar karena bordir dari wilayah sentra Tasikmalaya memang mempunyai suatu ciri khas tertentu, yang sangat menarik perhatian para customer. Selain mengenakan bahan kain yang berkualitas, namun setiap imej foto bordir yang mengusung perpaduan berbagai warna dapat menghiasi baju muslim menjadi semakin indah.

Bermacam-macam bahan produksi bordir khas Tasikmalaya meliputi model terbaru busana muslim, baju muslim, kerudung, jilbab, hijab, shawl, pashmina, mukena, baju koko, dan lain-lain. Yang tidak kalah kreatifnya juga dikembangkan Haryati bordir Kawalu Tasikmalaya.
Suatu hari, Saya mengantar teman dan istrinya dari Bandung yang ingin melihat-lihat hasil produksi sulaman bordir. Banyak corak yang dipajang di ruangan dalam galeri Haryati bordir. Selain banyak corak sulaman bordir, juga banyak pula corak harganya, yang cukup lumayan bagi kalangan menengah ke atas.***

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP