Loading...
Rabu, 20 September 2017

Tebing Gunung Galunggung Longsor


Sore itu, Saya masih berada di tukang jahit, untuk membuat sulaman baju atasan bordir terbaru, ketika mendengar kabar tebing di Gunung Galunggung longsor. Penasaran. Ini ada laporannya dari teman grup. 

Laporan Kegiatan Gunungapi Galunggung


Tanggal 17 September 2017

Pos Pengamatan Gungapi Galunggung

I. Visual.

Pengamatan terhadap G. Galunggung pada 16 September 2017, pagi hingga siang hari umumnya cerah berawan dan sore hingga malam hari mendung hingga turun hujan gerimis sampai Gunung Galunggung siang hari tampak jelas dan sore hingga malam hari tertutup kabut.

Asap kawah tidak tampak

Angin perlahan kadang sedang umumnya ke arah Utara

Hujan gerimis terjadi pada sore hari dengan jumlah curah hujan selama pada 16 September 2017, tercatat 2,2 mm, Suhu udara di sekitar Pos Pengamatan tercatat minimum 23.03 °C dan maksimum 31.20 °C. Kelembaban 53.90 - 97.20 %

Kejadian Longsor dinding kawah sebelah barat (curug Cibanjaran ) tercatat di seismograf pukul 14:48:37 wib.

Luas longsoran pada tebing dinding kawah sebelah barat (curug Cibanjaran ), diperkirakan lebar longsoran sekitar 100 meter dan tinggi longsoran pada tebing sekitar 200 meter. Sedangkan panjang material longsoran sekitar 300 meter dan lebar material longsoran 150 meter.

Akibat longsoran, mesjid yang berada di dalam kawah tidak tampak lagi karena tertutupi terkubur material longsoran.
Akibat longsoran aliran sungai di danau kawah yang berhulu dari puncak Galunggung
terkubur material longsoran.

Korban akibat longsoran 1 (satu ) orang pedagang yang jualan di sekitar mesjid, kaki terkena runtuhan mesjid, namun selamat .

Korban jiwa masih belum pasti, namun ada seorang warga yang kehilangan keluarganya, orang tersebut biasa menjaring burung di sekitar kawah.

Kegiatan Gunungapi

Pemeriksaan kawah dilakukan tgl 16-9-201, kondisi sekitar kawah kabut sehingga pengamatan ke arah longsoran tidak teramati. Kernudian dilakukan pada pagi hari 17 September 2017, cuaca di sekitar kawah cerah.

Warna air danau kawah umumnya hijau muda

Bau gas belerang tidak tercium

Asap solfataraf/Fumarola tidak tampak

Tumbuhan sekilar kawah tampak subur.

Kegempaan

Pesawat seimograf RTS (telemetry sistem ) tanggal 16 September 2017, mencatat 2 x gempa tektonik jauh : Amaks : 10.06 -23..0 mm.s-p 11.38 - 18.12 detik, durasi 27.04 - 39.24 detik. Dan 1 x getaran longsoran tercatat 16-9-2017 pukul 14:48:37wib dengan Amaks : 51.54 rrtm, durasi : 76.83 detik.

IV. Kesimpulan

Dari data yang diperoleh baik pengamatan visual, pemeriksaan kawah di lapangan maupun seismik (kegempaan) secara instrumentasi yang tercatat pada seismograf Gunung Galunggung tidak menunjukan adanya peningkatan.

Status Gunung Galunggung saat ini aktif normal (level I)
Namun dihimbau dengan terjadinya longsor di tebing dinding kawah barat (curug Cibanjaran ) dihimbau pengunjung dan masyarakat tidak mendekati daerah longsoran karena material longsoran masih labil.

V. Rekomendasi

Sehubungan dengan status kegiatan Gunung Galunggung normal (level 1), maka direkomendasikan:

Masyarakat di sekitar G. Galunggung dan pengunjung / wisatawan / pendaki tidak
diperbolehkan untuk bermalam dan tidak turun ke dalam danau kawah Gunung Galunggung pada saat cuaca mendung atau hujan.

Masyarakat di sekitar G. Galunggung dan pengunjung / wisatawan / pendaki tidak diperbolehkan berenang dan mengkonsumsi air danau kawah G. Galunggung dikarenakan dapat menimbulkan keluhan atau gangguan kesehatan.

Masyarakat di sekitar G. Galunggung diharap tenang, tidak terpancing isyu-isyu tentang letusan G. Galunggung dan agar selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (BPBD Provinsi Jabar) dan BPBD Kabupaten Tasikmalaya serta BPBD Kabupaten Garut

Agar BPBD Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut senantiasa berkoordinasi
dengan Pos Pengamatan G. Galunggung di Desa Padakembang, Kec. Padakembang, Singaparna, Kab. Tasikmalaya atau dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.

Padakembang, 17 September 2017.

Setelah membaca laporan tersebut saya, tetangga, dan warga Tasikmalaya merasa tenang. Dan kembali beraktifitas membuat baju atasan bordir terbaru.***
Artikel lainnya klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP