Loading...
Selasa, 02 Juli 2013

Baju Bordir Wanita Laku di Pasar


baju bordir wanita
Baju bordir wanitasudah cukup dikenal masyakat dan disukai kaum wanita. Bila diperhatikan pada baju-baju kebaya wanita pada resepsi pernikahan, misalnya, maka akan terlihat desain bordir yang menghiasi baju kebaya.

Baju bordir wanita itu sudah banyak diproduksi oleh para perajin asal Tasikmalaya. Mulanya bordir hanya diaplikasikan pada kain kebaya dan taplak meja. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, terciptalah aneka desain bordir pada blus, tonik, rok, selendang, kerudung, baju koko, gamis, mukena, dan lain-lain.

Menurut Direktur Program Bandung Kreatif City Forum (BCCF), Tubagus Fiki Satari, kalau berbicara bordir sudah tentu ada hubungan dengan aplikasi, seperti halnya sablon kaos. Bordir sementara ini juga dipakai untuk jaket, dll, dan teman-temannya di Bandung sudah banyak menggunakan atau mempunyai mesin-mesin bordir, yang aplikasinya digunakan untuk produk-produk siap pakai, atau street wear buat sektor distro.

"Tinggal kita bagaimana bisa mensinergiskannya ke masalah pola (patern), yaitu pola-pola yang biasa digunakan sehari-hari pada anak muda. Jadi, pola pakaiannya dipadukan dengan design bordir itu sendiri. Ini, perlu ada semacam komunikasi khusus, agar ada pendalaman tentang designnya, ada workshopnya, dsb. Karena pekerjaan kami sehari-hari di bidang fashion belum memahami betul potensi ragam patern, ragam model yang ada di bordir Tasikmalaya," katanya.

Hal itu tinggal masalah kolaborasi antara pengusaha, pengrajin, designer, dan juga para pakar, karena di pasar, ada level-levelnya yaitu ada produsen, distributor, agen, dll. "Ya, kita perlu segera ada pembicaraan bersama untuk mengembangkan bordir," katanya.

Harapan kolaborasi yang disampaikan Tubagus beberapa tahun lalu, kini mulai dilaksanakan para perajin bordir di Tasikmalaya. Bayangkan, kualitas disain bordir cukup laku di pasaran. Seperti yang dialami Riswan, pegawai Dishub, kini kewalahan menerima pesanan dari para pelaku pasar di Tanah Abang, Jakarta.

Begitu pun perajin rumahan di Perumahan Winayajaya, hampir setiap minggu memasarkan busana bordir ke Jakarta, kendati ia hanya menerima bahan yang sudah dipotong, sesuai pola pemesan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP